TIDAK SEDIKIT INVESTOR ASING RAGU-RAGU TANAM MODAL

Mer, Sby - Para pengusaha nasional menyakini ekonomi Indonesia akan tetap tumbuh dan mampu menghadang dampak krisis Eropa dan Amerika Serikat. Asalkan pemerintah mampu menjamin adanya kepastian hukum dan keamanan dalam berusaha. Imam Wijoyo pengamat ekonomi IBMT Internasional University mengatakan, Rule of Regulation atau kepastian hukum, sebenarnya tidak hanya di butuhkan oleh para pengusaha nasional tapi juga menjadi pertimbangan serius bagi investor asing.

Tidak sedikit para investor asing baru yang ragu-ragu berinvestasi di Indonesia. Tentu saja kondisi ini tidak menguntungkan bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Menurut Imam Wijoyo, tidak jarang kepastian hukum dikorbankan untuk kepentingan politik. Situasi ini tentu saja tidak menguntungkan bagi dunia usaha.

"Birokrasi disini tidak sama dengan negara maju. Jika investor tidak mengetahui lubang-lubang cara bermain usaha disini maka mereka akan terkena biaya tinggi. Investor akan kapok karena tidak bisa berkembang dengan maksimal", jelas Imam Wijoyo pengamat ekonomi IBMT Internasional University.

Ditengah ketidakpastian ekonomi global, pemerintah mengklaim kalau perekonomian nasional mampu tumbuh sebesar 6,5 %. Bahkan pada kuartal pertama 2012 perekonomian diprediksi masih akan tumbuh di atas 6 persen. Indikator makro pertumbuhan ekonomi ini diklaim pemerintah tidak lepas dari kontribusi dunia usaha. (alam kusuma)

Add comment


Security code
Refresh

Who's Online

We have 94 guests online

Join with Us

Klik icon di atas untuk bergabung dengan Facebook kami