UNAIR BUKA JALUR UNDANGAN

Mer, Sby - Universitas Airlangga Surabaya membuat terobosan baru dengan membuka jalur SNMPTN melalui jalur Undangan. Padahal tahun-tahun sebelumnya, hal itu tidak pernah dilakukan. Meski Perguruan Tinggi Negeri lainnya sudah melakukannya sejak lama.

Sebelumnya, sistem SNMPTN di Unair harus melalui test. Bahkan untuk jalur undangan ini, Unair memberi porsi sebesar 40%.

"Minimal 10 persen jalur undangan, minimal 20 persen lewat ujian tulis. Tapi tahun 2012 kami memberi posi 40 % untuk undangan", jelas Wakil Rektor 1 Unair Profesor Achmad Syahrani.

Seleksi yang makin ketat untuk menilai para murid yang berprestasi ini salah satu alasan mengapa Unair membuka diri terhadap jalur undangan. Menurut Achmad Syahrani, sekarang menggunakan rangking 6 mata pelajaran yang diujikan saat Unas.

"Sebelumnya ditentukan sekolah tapi sekaran tidak. Hasil Unas yang digunakan untuk jalur undangan ini", jelas Achmad Syahrani.

Jalur undangan ini dibuka sejak tanggal 1 Februari sampai 8 Maret. Diharapkan para kepala sekolah cermat memilih siapa saja siswanya yang berhak diajukan. Tidak hanya prestasi akademik yang menjadi bahan penilaian, prestasi non akademik pun dan keaktifan di organisasi juga tidak kalah pentingnya.

Semua ini dilakukan untuk menjaring murid yang betul-betul berprestasi. Achmad Syahrani wakil rektor 1 Unair menambahkan, Unair akan meningkatkan prestasi anak-anak yang berprestasi ini sehingga menjadi andalan SDM Indonesia. (alam kusuma)

 

10 PERSEN WARGA SURABAYA BELUM BER KTP

Mer, Sby - Sebagai tanda bukti kependudukan bagi warga yang sudah berusia 17 tahun maka warga tersebut wajib mempunyai dokumen kependudukan  berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk). KTP sendiri mempunyai arti penting bagi seseorang sebagai tanda bukti identitas diri bersangkuta menyangkut alamat, asal usul, jenis kelamin hingga tanda tangan. Oleh karenanya, wajib bagi warga yang telah memnuhi syarat diantaranya berusia 17 tahun untuk memiliki KTP. Namun tahukah anda hingga kini masih ada sekitar 400 ribuan warga Surabaya yang wajib ber KTP ternyata belum memilikinya.

Adanya anggapan proses kepengurusan KTP cukup rumit menjadi salah satu alasan yang muncul sehingga menjadikan orang enggan mengurusnya. Tapi benarkah demikian?. Anton Terayuda Plt Kepala Dispenduk dan Catatan Sipil Pemkot Surabaya meluruskan anggapan itu. Kini proses pengurusan KTP tak lagi sulit bahkan sangat dipermudah.

"Mengurus pengantar ke RT/RW kemudian ke kelurahan dan kecamatan untuk mendapatkan KTP. Dengan membawa akta lahir kalau punya dan kartu keluarga orang tua", terang Anton Terayuda.

Tentang lama waktu yang dibutuhkan dalam proses pengurusan KTP kata Anton, juga cukup singkat dan bahkan bisa ditunggu hingga proses selesai dan KTP si pemohon kelar. Anton Terayuda plt Kepala Dispenduk Capil juga memastikan pelayanan yang diberikan di tingkat kelurahan dan kecamatan memberi kemudahan bagi masyarakat. (wahyu nugroho)

   

PERENCANAAN KURANG TEPAT BANJIR BELUM BISA TERTANGANI

Mer, Sby - Hujan deras yang terus menerus masih terjadi di kawasan aliran sungai yang melewati Surabaya memunculkan kekuatiran akan ancaman banjir yang sewaktu waktu masih bisa terjadi. Pemkot Surabaya sendiri sebenarnya telah melakukan sejumlah langkah antisipasi mengatasi persoalan banjir yang acapkali terjadi di sejumlah kawasan di Surabaya. Seperti kawasan Tambakdono dan Sumber Rejo di Surabaya barat akibat luapan kali Lamong. Maupun kawasan Rungkut, Medokan Semampir, Keputih dan sekitarnya, akibat luapan air kali Surabaya.

Meski demikian langkah pemkot itu belum mampu menanggulangi persoalan banjir 100 persen. Bahkan anggaran untuk banjir sudah cukup besar hingga 20 milliar untuk penanganan wilayah Surabaya Barat, tapi persoalan banjir tak kunjung tuntas.  Sementara pengadaan pompa besar di wilayah Surabaya Timur pada tahun 2011 belum bisa menjamin banjir akan teratasi.

Menyikapi kondisi ini, pihak dewan DPRD Surabaya mengkritisi belum bisa tertanganinya banjir. Walaupun sudah ada pendanaan yang cukup besar akibat fokus penanganan belum tepat sasaran. Menurut Mahmud ketua Komisi B DPRD Surabaya, pendanaan yang cukup besar selama ini yang telah dialokasikan untuk penanganan banjir belum membawa hasil akibat kurang tepatnya perencanaan. Hal ini perlu ada evaluasi dari dinas instansi terkait.

"Penyaluran tidak tepat. Anggaran selalu habis tapi banjir tetap selalu ada. Harus disempurnakan lagi perencanaan di lapangan. Kita amati ada titik banjir yang ditangani tidak pada tempatnya. Misalnya banjir di Jl Balongsari, padahal penyebabanya bukan didaerah ini tapi di Kalianak. Karena saluran disana menyempit", terang Mahmud.

Untuk tahun 2012 ini, Mahmud berharap ada pembenahan perencanaan yang lebih fokus sehingga upaya mengatasi persoalan banjir bisa lebih membawa hasil yang maksimal. (wahyu nugroho)

   

TAHUN NAGA AIR MASYARAKAT DIMINTA BANYAK BERDOA

Mer, Sby - Perayaan tahun baru Imlek 2653 yang berlangsung kemarin di Surabaya cukup meriah dilakukan oleh masyarakat Tionghoa di beberapa klenteng yang ada dikawasan Surabaya Utara. Beberapa klenteng seperti klenteng kawasan jalan Dukuh, klenteng Pak Pik Bio kawasan jalan Jagalan serta klenteng Sampo Kong Mbah Ratu yang ada dikawasan jl Demak, ramai didatangi umat Tionghoa yang melakukan peribadatan menyambut datangnya tahun baru Imlek tersebut.

Masyarakat Tionghoa berharap banyak mendapatkan keberuntungan ditahun ini yang merupakan tahun Naga Air. Menurut Suboko salah satu pengurus klenteng Pak Pik Bio yang juga wakil ketua Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) Jatim, ritual sembahyang yang dilakukan oleh masyarakat Tionghoa diklenteng ini merupakan rangkaian peribadatan yang telah dilakukan sejak seminggu sebelum Imlek. Yang nantinya akan dilanjutan peribadatan pada tanggal 4 Imlek dan terakhir tanggal 9 Imlek.

"Ritual sembahyang sudah dimulai 1 minggu sebelum Imlek yang disebut hari persaudaraan. Pada saat ini dipercayai malaikat zabur dan pembimbing lainnya naik ke langit. Kemudian sembahyang syukur dan terimakasih yang dimulai sekitar jam 11 malam hingga jam 1 tepat saat pergantian Imlek", terang Suboko.

Di Tahun Baru Imlek, kata Suboko, pihaknya berharap umat Tionghoa yang merayakan tahun baru Imlek untuk kembali merenung dihari suci ini. Demi kebaikan diri dan umat lain yang ada disekitar mereka. Apalagi memasuki tahun yang merupakan tahun Naga Air ini. Semua masyarakat diharapkan lebih banyak berdoa agar kita terhindar dari bencana yang berasal dari unsur air.

Suboko salah satu pengurus klenteng Pak Pik Bio yang juga wakil ketua Majelis Tinggi Agama konghucu Indonesia (Matakin) Jatim. (arie sb)

   

MOBIL PINJAM PEMKOT HILANG ANGGOTA DEWAN TERANCAM GANTI RUGI

Mer, Sby - Tindak kriminalitas curanmor di Surabaya semakin nekad. Mobil dinas milik anggota dewan DPRD Surabaya pun raib dicuri. Mobil dinas Toyota Kijang nopol L 1535 PP milik Ernawati anggota DPRD Surabaya ini hilang di rumahnya di Griya Citra Asri blok RM/6 Pondok Benowo Indah.

Dari informasi yang dihimpun Polsek Benowo sesaat setelah Ernawati melaporkan kejadiannya, mobil tersebut diduga hilang pada Jumat dini hari tadi. Ini karena mobil berwarna hitam itu masih terlihat pada hari Kamis kemarin.

Ernawati sendiri baru mengetahui mobilnya hilang sekitar pukul 10.30 WIB. Saat itu, anggota Komisi C tersebut hendak berangkat ke gedung dewan untuk mengikuti paripurna. Mengetahui mobil tidak ada di tempat Erna kebingungan dan menyadari telah dicuri kemudian dirinya melaporkan ke pihak polisi.

Sejauh ini Erna wati belum bisa dikonfirmasi lebih lanjut terkait musibah ini, HP nya tidak diangkat ketika coba ditelepon.

Sementara itu menyikapi hilangnya mobil dinas Pemkot Surabaya yang diduga dicuri tersebut, Badan Kehormatan ( BK ) DPRD Surabaya berencana akan memanggil Ernawati selaku pihak yang meminjam pakai mobil itu dari Pemkot Surabaya. Menurut Agus Santoso Ketua BK DPRD Surabaya, status mobil tersebut memang pinjam pakai dan sesuai ketentuan segala resiko dari pemakaian menjadi tanggung jawab si pemakai.

BK, kata Agus, sejauh ini belum mengetahui duduk persoalan secara pasti. Namun BK akan segera memanggil Ernawati terkait pinjam pakai mobil itu. (wahyu nugroho)

   

Page 6 of 68

Who's Online

We have 89 guests online

Join with Us

Klik icon di atas untuk bergabung dengan Facebook kami