Hukum dan Politik

DEMOKRAT UNTUNG PILIH PAKDE KARWO

Mer, Sby - Musyawarah Daerah Partai Demokrat Jawa Timur sudah rampung dan Soekarwo terpilih sebagai ketua DPD Partai Demoktar Jawa Timur secara aklamasi. Terpilihnya Soekarwo adalah langkah strategis PD untuk meraih dukungan mayoritas di Jatim pada pemilu mendatang. Demikian analisa Basa Alim Tualeka ketua Dewan Penasehat Angkatan Muda Demokrat Indonesia Jatim, Senin (13/06), kepad wartawan.

"Demokrat sudah punya modal 28 kursi atau 30 % di DPRD Jatim dan mendapat nilai tambah dengan keberadaan Soekarwo. Yang mana dipilih masyarakat 50 + 1 dalam pilgub Jatim", jelas Soekarwo.

Posisi Soekarwo sebagai Gubernur Jatim tentunya sangat menguntungkan bagi Demokrat. Dengan terpilihnya Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo sebagai ketua maka Demokrat di Jatim sudah memiliki modal kuat. Hal itu akan menjadi ancaman serius parpol lain khususnya dalam pemenangan Pemilu 2014.

Sekarang, kata Basa Alim, tinggal bagaimana mengkondisikan suasana kondusif internal partai, untuk meraih dukungan masyarakat Jatim pada pemilu mendatang. "Jangan sampai terjadi friksi dalam internal Demokrat karena masyarakat bisa menilai layak tidaknya mewakili suara mereka dalam legislatif", imbuh Basa Alim Tualeka. (alam kusuma)

 

PPP JATIM MULAI KONSOLIDASI PEMILU

Mer, Sby - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jawa Timur memperkuat basis pemilihnya guna meraih sukses dalam Pemilu 2014 depan. Ini terlihat digelarnya musyawarah kerja wilayah PPP Jatim yang akan dilaksanakan pada 19 - 20 Juni 2011 di Hotel Garden Palace Surabaya.

Mahdi ketua pelaksana muskerwil PPP Jatim mengatakan, kegiatan ini sebagai bagian dari konsolidasi PPP dalam guna menyiapkan diri di pemilu depan. Selain itu juga menjalin silahturahmi dengan para kyai maupun ulama. Pihaknya menargetkan bisa meraih suara 300 persen dari total suara 4 persen di kursi DPRD Jatim.

Ketua DPP PPP Surya Dharma Ali direncanakan akan membuka muskerwil PPP Jatim yang akan membahas usulan DPC kota/kabupaten seJatim tentang sosok umum PPP di musyawarah nasional mendatang. Dari data yang masuk, sebagaian besar DPC menghendaki Surya Dharma Ali (SDA) untuk kembali menjadi ketua umum PPP.

"Suara dari cabang mayoritas menginginkan pak SDA kembali mencalonkan diri. Ini merupakan salah satu tangga yang akan dibicarakan dalam muskerwil", kata Mahdi, Senin (13/06). (arie sb)

   

PAN JATIM SERAHKAN BERKAS KELENGKAPAN SEBAGAI PESERTA PEMILU 2014 MENDATANG

Mer, Sby - Partai Anaman Nasional (PAN) (Rabu, 8/06) mendatangi Bakesbang (Badan Kesatuan dan Keselamatan Bangsa) Jatim guna mendaftarkan PAN Jatim untuk verifikasi parpol peserta pemilu tahun 2014. Yang mana hal ini harus dilakukan oleh parpol yang akan menjadi peserta pemilu 2014. Dipimpin langsung ketua DPW PAN Jatim Suyoto, mereka menyerahkan berkas pemenuhan pesyaratan sebagai parpol peserta pemilu 2014.

Menurut Suyoto ketua DPW PAN Jatim, ini dilakukan karena PAN ingin ikut kembali dalam pemilu tahun 2014 sebagai wujud tanggung jawab moral kepercayaan masyarakat yang telah memilih PAN di pemilu 2009 kemarin. Menurut Yoto sapaan akrab masyarakat Bojonegoro kepada Suyoto yang juga bupati Bojonegoro, pihaknya saat ini melihat adanya kejenuhan masyarakat terhadap keberadaan parpol mengingat pemberitaan negatif yang muncul akhir-akhir ini. Untuk itu pihaknya akan menyerukan agar pengurus PAN di Jatim tidak menonjolkan sisi politiknya dalam melakukan aktifitas.

"Diberi kepercayaan duduk di legislatif dan eksekutif maka harus pro aktif yakni bagaimana memberdayakan masyarakat. Juga melakukan pencerahan kembali kehidupan berbangsa dan bernegara", jelas Suyoto kepada 96 FM Mercury.

Terakhir pihaknya juga meminta agar parpol yang ada khususnya di Jatim untuk tidak menonjolkan sikap saling menyalahkan dan konflik. Namun lebih menekankan rasa saling menghormati didepan masyarakat. Belajar dalam pengalaman sejarah bahwa bila ingin menyelesaikan masalah maka harus berani menghadapi kesulitan. (arie sb)

   

KEPUTUSAN PAKDE CALONKAN DIRI HARUS DIHORMATI

Mer, Sby - Munculnya nama Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Soekarwo yang akan maju sebagi ketua DPD PD Jawa Timur dalam musda PD Jatim mendatang, yang menimbulkan pro dan kontra harus disikapi secara bijaksana. Kalaupun Pakde maju, menurut Sabron Djamil Pasaribu Ketua Komisi A DPRD Jatim, harus disikapi sebagai hak politik pribadi Pakde yang harus dihormati. Menurut Sabron, apapun keputusan Pakde nantinya harus kita hormati sebagai hak politiknya. Namun Pakde harus bisa menempatkan diri dalam kinerjanya antara Gubernur Jatim dan ketua partai politik.

"Seperti halnya dalam pemilu, masyarakat datang atau tidak ke TPS adalah haknya. Tidak ada yang boleh melarang Pakde untuk maju, meski partai pengusung Pakde yaitu PKS dan PAN. Sepanjang bisa mampu memanage peran gubernur dan ketua parpol karena jika tidak efeknya akan besar. Ini memang tantangan berat bagi Pakde karena dinamika politik yang tinggi", jelas Sabron Djamil Pasaribu Ketua Komisi A DPRD Jatim, Senin (6/06).

Sementara itu pengurus DPD PD Jatim mulai melakukan pematangan tim untuk memenangkan Pakde Karwo dalam pemilihan ketua PD Jatim di arena Musda PD Jatim mendatang, guna bertarung dengan calon yang sudah mendeklarasikan diri dan di backup mantan Gubernur Jatim Imam Utomo. Bahkan dalam tim pemenangan tersebut tidak tanggung-tanggung, ketua PD Jatim sekarang Ibnu Hajar dan Sekretaris PD Jatim Fandi Utomo menjadi koordinator pemenangan pakde Karwo di Musda nanti. (arie sb)

   

PORAD, LADANG BIBIT UNGGUL PELATNAS

Mer, Sby - Pekan Olah Raga TNI Angkatan Darat (PORAD) bakal digelar ke tujuh kalinya, mulai tanggal 9 sampai 20 Juni 2011. Kali ini giliran Kodam 5 Brawijaya selaku panitia penyelenggara. Event ini diikuti 13 kodam seluruh Indonesia, ditambah Kopassus, Kostrad dan Mabes TNI AD.

Ada 7 cabang olah raga yang bakal di pertandingkan. Tempat pertandingan pun sudah disiapkan dengan matang. Pangdam 5 Brawijaya Mayjend TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, pihaknya telah menyiapkan lapangan AL, Stadion Brawijaya, Arhanud dan Stadion Deltras, untuk pertandingan sepak bola. Sedangkan untuk beladiri militer dan tinju di Stadion Hayam Wuruk. Pertandingan voli di Stadion Petrokimia Gresik dan outdoor di Deltras.

PORAD digelar tiap dua tahun sekali dan sudah digelar sejak tahun 1994. Tapi sempat berhenti beberapa tahun akibat maraknya konflik di tanah air. Tujuan utama event ini menjaring bibit atlet nasional dan membawa merah putih ke kancah internasional.

"Ini merupakan ajang seleksi yang nanti diseleksi lagi untuk bisa ikut Sea Games dan kalau perlu Olimpiade", jelas Pangdam 5 Brawijaya Mayjend TNI Gatot Nurmantyo, Senin (6/06).

Prajurit TNI AD kerap menjadi langganan dalam Pelatnas Sea Games, sehingga tidak bisa berlaga di Porad. Ini karena tidak mendapat ijin yang mana bisa merusak program di masing-masing cabang mereka ikuti. Salah satu atlet Pelatnas dari prajurit TNI AD Jawa Tengah yakni pelari Agus berjanji akan menyumbangkan emas diklasifikasi 10.000 dan 5000 meter

Meski sebagai tuan rumah, kontingen Jawa Timur tidak muluk-muluk berharap menjadi juara umum. Menurut Pangdam 5 Brawijaya Gatot Nurmantyo mengatakan, pihaknya akan memberikan terbaik. PORAD terbaik di Jatim adalah beladiri militer. (alam kusuma)

   

Page 7 of 17

Who's Online

We have 52 guests online

Join with Us

Klik icon di atas untuk bergabung dengan Facebook kami