Hukum dan Politik

PARTAI DEMOKRAT BANTAH PENYEBAR SMS ORANG GOLKAR

Mer, Sby - Partai Demokrat menjamin Muhammad Nazarudin tidak akan melarikan diri dari pemeriksaan Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK) terkait pembangunan Wisma Atlet Sea Games. Meski mantan Bendahara Umum Partai Demokrat tersebut saat ini sedang berada di Singapura. Ini dikatakan salah satu dewan pembina PD Profesor Akhmad Mubarok, dalam keterangan disela menjadi pembicara di seminar nasional yang digelar oleh mahasiswa FISIP Universitas Airlangga (UNAIR), Jumat (3/06), di Gedung FISIP UNAIR.

Menurut Akhmad Mubarok, tidak benar bila Nazarudin ke luar negri melarikan diri dari pemeriksaan KPK. Pihaknya menjamin Nazarudin akan kembali ke Indonesia bila memang diperlukan oleh KPK. Yang mana sejauh ini KPK belum melakukan pemanggilan ke Nazarudin. Menurutnya, Nazarudin memang sengaja menenangkan diri karena dikejar-kejar wartawan soal dugaan keterlibatannya dalam kasus Wisma Atlet dan penyuapan di MK (Mahkamah Konstitusi).

Lebih lanjut Akhmad Mubarok mengatakan, SMS yang menyudutkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terkait kasus Nazarudin bukan dilakukan oleh Partai Golkar. Seperti diketahui sosok penyebar SMS yang menimbulkan amarah Presiden SBY terkait Nazarudin itu dilakukan oleh orang berinisial A.

"Yang dilakukan Mr A itu biasa terjadi dalam politik persaingan pemilu 2014. Mr A memang dari parpol lain tapi tidak disebutkan nama karena tidak salah. Politisi terkadang melakukan tindakan tidak fair. Yang salah Demokrat kok mau diobok-obok. Setelah ketahuan Mr A berusaha menghapus jejak. Tapi kita berterimakasih kepada Mr A karena membuat Demokrat menjadi solid", terang Prof Akhmad Mubarok kepada 96 FM Mercury. (arie sb)

 

NASDEM MENJADI PARPOL


Mer, Sby - Setelah berdiri sejak 1 tahun lalu, ormas Nasional Demokrat (Nasdem) kian mantap bertransformasi menjadi partai politik. Bahkan Nasdem di Jawa Timur siap bertarung di pemilu 2014. Segala persyaratan yang mengatur berdirinya partai sudah di penuhi. Hasan Aminudin Ketua Dewan Pembina partai Nasdem Jatim mengatakan, Nasdem di Jatim baik DPW maupun DPC telah tuntas 100 persen secara struktural maupun administratif.

"Sudah sesuai ketentuan UU serta juklak dan juklisnya. Depdagri dan depkumham Jatim maupun bakesbang propinsi telah mengeluarkan ijin partai Nasdem di Jatim", jelas Hasan Aminudin, Kamis (26/05).

Sebagai partai baru, target yang dicanangkan partai Nasdem di Jatim tidak main-main, yakni menang di pemilu. Karena barometer politik nasional ada di Jatim. Bahkan, kata Hasan Aminudin, baromater di senayan adalah Jatim. Oleh karenanya siapa yang mampu menyokong perolehan suara di Indonesia tentunya karena banyak dukungan di Jatim. Sehingga Nasdem berkonsentrasi ke Jatim.

Untuk mencapai impian itu pihaknya berusaha keras menarik simpati, kaum muda, petani dan nelayan sebagai menjadi target penyumbang suara. Partai Nasdem, kata Hasan Aminudin, dari beberapa partai yang menonjolkan figure tokoh nasional. Nasdem lebih mendorong kearifan figure lokal yang merupakan salah satu kunci sukses Partai Nasdem kedepan. (alam kusuma)

   

ANGGOTA DPRD BANYWANGI TERTANGKAP BAWA SHABU-SHABU

Mer, Sby - Partai Demokrat kembali dililit masalah oleh para kadernya sendiri. Belum selesai kasus dugaan gratifikasi ke Mahkamah Konstitusi oleh Nazaruddi yang baru saja dicopot dari bendahara umum DPP Demokrat. Kali ini menyeret anggota Fraksi Demokrat DPRD Banyuwangi yang juga pemgurus harian DPC Demokrat Banyuwangi dan ketua Komisi 2 DPRD Banyuwangi Surya Brahmana Delianta. Kader Demokrat itu baru saja tertangkap oleh Unit Narkoba Polrestabes Surabaya karena menyimpan shabu shabu (SS) seberat 20 gram pada Selasa (24/05) malam kemarin, disebuah losmen dikawasan Simokerto.

Menanggapi hal ini wakil sekretaris DPD Demokrat dalam keterangan pers disekretariat DPD Demokrat Jawa Timur Fatkul Hadi mengatakan, kasus ini menjadi perhatian khusus. Meski demikian pihaknya akan tetap melakukan pendampingan hukum terhadap Surya BD. Selain itu pihaknya meminta DPC Demokrat Banyuwangi mengevaluasi jabatan Surya BD di DPRD Banyuwangi.

"Kita harus mengetahui secara detail kasus yang membelit Surya BD. Disini kita menerapkan praduga tidak bersalah sehingga perlu pendampingan. Jika nantinya terbukti bersalah maka DPD bisa saja meningkatkan evaluasi bersangkutan yang tidak hanya di jabatan publiknya", terang wakil sekretaris DPD Demokrat dalam keterangan pers disekretariat DPD Demokrat Jawa Timur Fatkul Hadi, Rabu (25/05).

Sementara itu ketua DPC Demokrat Banyuwangi Adil Ahmad Dinoyo yang baru saja dipanggil dalam kasus Surya BD mengatakan, pihaknya belum mengetahui secara persis apakah anggotanya itu pemakai atau pengedar barang terlarang itu. Sebab selama ini perilaku Surya BD di Banyuwangi tidak pernah terlibat masalah narkoba. Pihaknya menyerahkan sepenuhnya kasus ini kepada kepolisian. Namun wakil DPRD Banyuwangi ini mengakui, tersangka selama ini terlibat dalam kasus asusila. Saat ini kasus tersebut disidik tim DPC Demokrat Banyuwangi. (arie sb)

   

GOLKAR SERIUS CALONKAN ICAL

Mer, Sby - Partai Golkar akan serius mempersiapkan sosok calon Presiden dalam pemilu 2014 mendatang. Bahkan sosok ketua umum Partai Golkar Aburizal Bakrie merupakan sosok yang cukup dominan, untuk dicalonkan sebagai calon presiden dari Golkar di pemilu presiden mendatang. Ini dikatakan salah satu wakil ketua DPP Partai Golkar Priyo Budi Santoso, yang dikonfirmasi disela mengikuti acara pelatihan kader Golkar Daerah Kota-Kab seJatim yang berlangsung di Surabaya Sabtu kemarin.

Menurut Priyo Budi Santoso, sebagai partai besar maka sangat tidak etis bila Golkar tidak mempersiapkan kadernya untuk ikut mencalonkan dalam pemilu presiden 2014 mendatang. Senyampang dengan itu, sosok ketua umum saat ini merupakan kader terbaik Golkar. Namun sejauh ini Bakrie belum menyatakan kesediaannya soal usulan tersebut.

"Saat saya desak secara pribadi beliau mengatakan itu masih lama. Jadi saya tidak bersedia atau tidak. Namun beliau harus melalui mekanisme survey terkait bakal calon presiden ini", jelas Priyo Budi Santoso, Senin (23/05).

Terakhir kasus yang menimpa Bakrie Group terkait lumpur Lapindo apakah tidak akan menjadi ganjalan bila ketua umum dicalonkan di pilpres mendatang khususnya suara di Jatim, Priyo BS mengatakan, publik telah mengetahui bahwa ada ikhtiar luar biasa dari Grup Bakrie. Menurutnya, hal akan berbeda bila dilakukan grup asing akan meninggalkan Indonesia bila melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan Lapindo.

Sementara itu ketua Dewan Pembina Golkar Akbar Tanjung yang juga hadir dalam acara pelatihan kader itu mengakui, sosok ketum banyak yang menyebut dalam pencalonan Pilpres. Namun semua tergantung sistem yang akan di gunakan nantinya dalam penentuan sosok calon presiden dari Golkar.
"Kalau jaman saya sistemnya konversi, kalau sekarang survey. Nah nanti akan ditentukan sistem mana yang dipakai. Memang ketua umum bisa dianggap kandidat yang kuat. Soal kabar saya maju justru tidak ada pikiran itu. Fokus saya memberikan dukungan suksesnya misi yang diemban Golkar khususnya menghadapi pemilu 2014", kata Akbar Tanjung, Sabt (21/05). (arie sb)

   

PKS SURABAYA OPTIMIS RAIH DUA BESAR 2014

Mer, Sby - Dalam mukerda DPD PKS Surabaya yang digelar minggu kemarin, DPD PKS Surabaya menyatakan optimisnya untuk bisa meraih dua besar saat pemilu legislatif 2014 nanti. Keyakinan itu didasari hasil perolehan PKS yang kini telah mampu meraih 5 kursi di DPRD Surabaya, sehingga untuk menambah 5 kursi lagi pada pileg mendatang bukan sebuah hal yang mustahil.

Menurut Ibnu Shobir ketua DPD PKS Surabaya, pada akhir tahun ini pihaknya akan mengevaluasi basis dukungan massa PKS hal itu akan menjadi pijakan untuk memetakan kekuatan dan konsolidasi di tiap wilayah. Tentang masih rendahnya pamor wakil rakyat di mata masyarakat, menurut Shobir, memang menjadi salah satu persoalan yang dialami hampir semua parpol dan itu dapat mengganggu kepercayaan publik terhadap parpol. Untuk itu pihaknya bakal menjaga kinerja politik agar tetap proporsional demi kepentingan publik.

"Kita ingin politik bekerja secara benar yakni kontrol terhadap pemerintah, mengedepankan kepentingan publik. Dengan cara ini maka insyaAllah masyarakat kembali percaya terhadap parpol. Seminimalisir menghilangkan hal-hal yang membuat masyarakat tidak punya harapan kepada politik", jelas Shobir, kepada 96 FM Mercury. (wahyu nugroho)

   

Page 8 of 17

Who's Online

We have 43 guests online

Join with Us

Klik icon di atas untuk bergabung dengan Facebook kami