Ekonomi dan Pendidikan

ARSITEK LOKAL BELUM DILINDUNGI

Mer, Sby - Di era pasar bebas seperti sekarang ini memungkinkan para pekerja profesional asing beraktifitas di Indonesia. Tidak terkecuali para arsitek asing. Tentu saja kondisi ini menimbulkan kekhawatiran bagi para arsitek domestik. Apalagi keberadaan mereka tidak dilindungi adanya Undang-Undang. Budi Sukarna salah satu ketua IAI mengatakan, Undang-Undang arsitek itulah yang sedang diperjuangkan Ikatan Arsitek Indonesia.

"Karena kita sudah menandatangani kesepakatan regional bahwa untuk fasilitas jasa pelayanan konstruksi itu lintas batas atau terbuka. Dimana ASEAN dan China bisa praktek diIndonesia. Jadi bagaimana melindungi arsitek kita agar bisa berpraktek dinegeri sendiri", jelas Budi Sukarna.

Hanya saja, kata Budi Sukarna, rancangan UU itu belum masuk program legislasi nasional. Jadi masih jauh dari harapan untuk di sahkan. Dewasa ini para arsitek ASEAN dan China mulai berekspansi ke Indonesia untuk memperluas jaringan usahanya. Tentu saja kondisi ini bisa mengancam eksistensi arsitek domestik.

Kemampuan dan kualitas arsitek dommestik, kata Budi Sukarna, tidak kalah dengan arsitek asing tapi harus diakui arsitek asing lebih unggul dari segi penguasaan tekhnologi. (alam kusuma)

 

BPWS TIDAK AKAN DIBUBARKAN

Mer, Sby - Keinginan beberapa elemen masyarakat Madura terkait pembubaran Badan Pengelola Suramadu (BPWS) yang ditunjukkan dalam aksi beberapa kali di DPRD Jatim dan pemerintah propinsi Jatim tidak akan terpenuhi. BPWS tidak akan dibubarkan. Ini dikatakan Gubernur Jatim Soekarwo di Gedung DPRD Jatim kemarin.

Menurut Pakde Karwo sapaan akrab Soekarwo Gubernur Jatim kalau BPWS dibubarkan maka pengelolahan Suramadu tidak akan dapat anggaran. Sebab yang bisa mengelola anggaran pusat atau APBN adalah badan yang ditunjuk oleh pemerintah pusat. Pemprop dan pemkab tidak bisa melakukan pengelolahan anggaran tersebut.

"Tidak bisa dibubarkan. Siapa yang urus keuangan nanti kalau dibebaskan. Sebenarnya 4 bupati dan 1 walikota (Surabaya) sudah dimasukan dalam pengurusan. BPWS itu keputusan pusat jadi percuma daerah membentuk pansus", kata Pakde Karwo di DPRD Jatim.

Sementara itu pihak BPWS melalui humas BPWS Faizal Yasir Arifin mengatakan, pihaknya akan mematuhi apapun keputusan pemerintah pusat terkait beberapa hal. Diantaranya pembagian keuntungan tarif jembatan Suramadu yang dibebankan pada kendaraan roda dua ataupun lebih yang ada saat ini.  Bahkan pihaknya juga mendukung bergabungnya 4 bupati Madura dan walikota Surabaya dalam struktur BPWS seperti keinginan pemerintah pusat. (arie sb)

   

BISNIS KELUARGA RAWAN KONFLIK

Mer, Sby - Bisnis Keluarga di Indonesia sekarang masih dominan tapi rawan terjadi konflik. Setidaknya itulah menurut Patricia Susanto CEO The Jakarta Consulting Grup dalam sebuah seminar di Surabaya. Kalau berdasarkan penelitian selama ini, rata-rata suksesi kepemimpinan perusahaan keluarga ke generasi berikutnya cukup rapi.

Hanya saja banyak yang tidak mempersiapkannya jauh-jauh hari. Sehingga menyebabkan rawan terjadi konflik. Menurut Patricia, perusahaan yang bergerak di bidang jasa dinilai lebih tinggi tingkat resiko terjadinya konflik saat suksesi dibandingkan perusahaan industri.

"Oleh karenanya suksesi dalam industri jasa perlu terencana. Yakni menyiapkan antisipasi kedepannya", terang Patricia Susanto CEO The Jakarta Consulting Grup.

Kunci supaya perusahaan keluarga berumur panjang adalah menyiapkan sedini mungkin regenerasi. Patricia Susanto menegaskan, perlu adanya  membuka dialog antar generasi. Yakni memberikan transparasi keadaan perusahaan kepada generasi selanjutnya. (alam kusuma)

   

WALIKOTA HARAP ADA KERETA API CEPAT SURABAYA JAKARTA

Mer, Sby - Walikota Surabaya Tri Rismaharini optimis proyek double track kereta api yang kini tengah dikerjakan oleh pemerintah pusat tidak akan menemui kendala untuk wilayah Surabaya. Sejauh ini tiga kecamatan di Surabaya mulai Kecamatan Tandes hingga Bubutan telah beres dan tidak ada persoalan terkait pembebasan lahan.

Risma juga berharap agar sistem double track nantinya dibuat elevated atau tanpa hambatan sehingga relatif tidak mengalami gangguan pada jalur yang dilalui. Bahkan Risma telah menyampaikan harapannya ke pemerintah pusat agar ada layanan KA ekspress Surabaya-Jakarta bila elevated double track itu selesai dibangun.

"Perjalanan KA Ekspress ini akan sama dengan pesawat. Misalnya Jakarta-Surabaya dengan pesawat 2-3 jam", terang Tri Rismaharini.

Gagasan Risma soal KA cepat ini agar masyarakat bisa memiliki alternatif pilihan moda transportasi ke jakarta selain pesawat udara. Sejauh ini Risma mendukung penuh rencana pembangunan KA double track. (wahyu nugroho)

   

PROSPEK MENJANJIKAN RETAIL JATIM

Mer, Sby - Sebagai propinsi yang mempunyai jumlah penduduk terpadat, Jawa Timur dinilai sangat prospek untuk pengembangan bisnis retail. Setidaknya itulah pengamatan Patricia Susanto CEO The Jakarta Consulting dalam sebuah seminar di Surabaya. Sayangnya pengembangan bisnis retail di Jatim dibarengi dengan tingginya harga kebutuhan pokok.

"Masyarakat middlenya luar biasa di Jatim. Sayangnya harga kebutuhan pokok tinggi sekarang ini. Dan ini tidak diimbangi dengan penggajiaan. Sehingga opportuny besar tetapi costnya juga besar. Oleh karenanya pengembangan retailnya ketat", terang  Patricia Susanto  CEO The Jakarta Consulting.

Bisnis retail yang sekarang ini sudah berkembang di kota-kota besar di Jatim bisa dipastikan akan berekspansi ke kota-kota yang lebih kecil. Tentu saja kondisi ini menciptakan kompetisi bisnis yang ketat. Sektor retail sebenarnya punya posisi yang cukup strategis. Perkembangan bisnis retail akan menunjang berkembangnya sektor bisnis lainnya.

"Akan berkaitan dengan bisnis francise dan sekarang lebih sistematis dibanding dulu. Juga mempengaruhi bisnis property dan distribusi", imbuh Patricia Susanto. (alam kusuma)

   

Page 1 of 26

Who's Online

We have 24 guests online

Join with Us

Klik icon di atas untuk bergabung dengan Facebook kami