Ekonomi dan Pendidikan

PWU BUMD JATIM TERANCAM LIKUIDASI

Mer, Sby - Berdiri sejak tahun 1999, PT Panca Wira Usaha terancam dilikuidasi. Perusahaan BUMD pemerintah propinsi Jawa Timur yang bergerak di bidang kontruksi bangunan itu dinilai penuh masalah dan tidak memberikan profit bagi Pendapatan Asli Daerah Jatim. Bahkan sejak dipimpin direktur lama tidak ada laporan pertanggungjawaban neraca keuangan.

Ketua komisi C DPRD Jatim Kartika Hidayati mengatakan, banyak aset pemprop Jatim yang disertakan saat itu. Memang selang beberapa lama sejak berdiri, PT PWU memang menjadi sorotan tajam sebagian publik Jatim. Masyarakat Anti Korupsi Jatim yang tergabung dalam Indonesia Corruption Watch pernah melakukan aksi unjuk rasa, karena prihatin dengan keberadaan PT PWU.

Sejak didirikan PT PWU justru terpuruk. Hal ini diduga akibat buruknya kondisi keuangan akibat dikorupsi. Dengan pertimbangan itu, BUMD ini bakal diaudit dan diberi kesempatan selama setahun untuk membenahi diri.

"Kita akan mengundang kembali kabiro ekonomi pemprop untuk melaporkan konsolidasinya. Bukan memberikan PAD tapi menjadi benalu bagi pemprop. Jika tetap buruk maka harus dilikuidasi yang asetnya dijual untuk pemasukan bagi PAD", kata Kartika Hidayati, Jumat (22/10).

Apa yang dilakukan DPRD Jawa Timur ini sebenarnya dalam koridor penertiban aset-aset BUMD Jatim. Langkah ini didasari, adanya kabar kalau ada sejumlah aset PT PWU yang dijual  tanpa sepengetahuan legislatif. Untuk itu pihaknya akan fokus mendata dan menyelamatkan aset BUMD. Menurut Kartika Hidayati, kondisi belasan BUMD di Jatim sebenarnya sangat memprihatinkan. Sedikitnya 75% dari seluruh jumlah BUMD ternyata tidak sehat. (sul/lam)

 

Page 26 of 26

Who's Online

We have 90 guests online

Join with Us

Klik icon di atas untuk bergabung dengan Facebook kami